Pemula Wajib Tahu! Berikut Panduan Pengembangan Situs Web Yang Harus Dikuasai

Belajar mengenai pengembangan web memang tidak akan lepas dengan yang namanya coding. Tak heran jika banyak orang yang mencari kursus coding online untuk mempelajari web development.  Jika anda tertarik dengan dunia pengembangan web, maka ada beberapa hal yang harus anda tahu agar memahaminya lebih lanjut. Berikut informasinya!

Panduan Untuk Mengembangkan Situs Web

  1. Mengenal Tentang Situs Web

Situs web merupakan file yang disimpan di server pada suatu website. Server server ini akan terhubung ke jaringan besar yang disebut internet atau lebih dikenal World Wide Web (www). Untuk menggunakannya, anda memerlukan browser atau program komputer yang memuat situs web melalui koneksi internet Anda, seperti Google Chrome atau Internet Explorer.

  1. Mengenal Apa Itu Alamat IP

Internet Protocol (IP) dikenal sebagai seperangkat standar yang mengatur interaksi di internet. Untuk mengakses situs web, anda perlu mengetahui alamat IP atau string angka yang unik. Setiap perangkat memiliki alamat IP untuk membedakan dirinya dari miliaran situs web dan perangkat yang terhubung melalui internet.

  1. Mengenal Apa itu HTTP

HyperText Transfer Protocol (HTTP) akan menghubungkan anda dan permintaan situs web Anda ke server jarak jauh yang menampung semua data situs web. HTTP bisa dibilang sebagai seperangkat aturan (protokol) yang menentukan bagaimana pesan harus dikirim melalui internet. Fitur ini memungkinkan anda untuk menelusuri di antara halaman situs dan situs web.

Saat Anda mengetik situs web ke browser atau mencari sesuatu melalui mesin pencari, maka HTTP menyediakan kerangka kerja agar server dapat memerintahkan dalam bahasa yang sama melalui internet. Pada dasarnya, HTTP merupakan penerjemah antara pengguna dan internet. Sebab, ia membaca permintaan situs web dan membaca kode yang dikirim kembali dari server.

  1. Mengenal Coding

Coding mengacu pada penulisan kode untuk server dan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman. Coding disebut dengan bahasa pemrograman karena terdiri dari kosakata dan aturan tata bahasa untuk memberikan masukan dan berkomunikasi dengan komputer. Coding juga berarti menyertakan perintah khusus, singkatan, dan tanda baca pada program komputer.

Seluruh perangkat lunak yang ada akan ditulis setidaknya dengan satu bahasa coding, namun biasanya cukup bervariasi dalam suatu platform. Biasanya hal ini disesuaikan berdasarkan gaya sampai dengan sistem operasi. Semua proses ini tentunya dibagi menjadi dalam beberapa kategori yaitu front end dan back end.

  1. Mengenal CMS

Selain kategori coding berupa back end dan front end, anda juga perlu mengetahui CMS atau sistem manajemen konten. CMS sendiri jika diartikan merupakan aplikasi web atau serangkaian program yang digunakan untuk membuat serta mengelola konten web. Sebagai catatan CMS tidak sama dengan pembuat situs, seperti Wix atau Squarespace.

Meskipun begitu, CMS ini tidak diperlukan untuk membangun situs web. Namun CMS dapat membuat segalanya menjadi lebih mudah. Pasalnya, CMS akan menyediakan blok bangunan seperti plugin dan add-on untuk memungkinkan anda membuat struktur dengan kode Anda. Umumnya, CMS akan dimanfaatkan untuk e-niaga dan blogging. Tetapi CMS berguna untuk semua jenis situs web.

Dengan mengetahui beberapa aspek mengenai pengemabngan situs web, tentu akan memudahkan anda dalam memahaminya. Agar lebih menguasai skill dalam web development, anda bisa mengikuti kursus dari lembaga terpercaya seperti Nextgen. Dengan materi yang komprehensif dan efektif, tentu dapat menambah kemampuan anda agar lebih mahir. Info lebih lanjut bisa mengakses laman https://nextgen.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *